Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Kirim Aduan Belum Terima Bantuan Covid-19 dari Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota

Apakah anda melihat masalah terkait bantuan sosail Covid-19 dari pemerintah, jika sampai saat ini belum ada satu pun bantuan yang anda terima sebaiknya kirim aduan melalui link lapor.pikobar.jabarprov.go.id/?uid=Rsz6ruxT22QDWVh3kgBOAHwGw332. Melalui aduan tersebut, setidaknya anda atau orang lain yang seharusnya menerima bantuan tersebut dapat segera diproses.

Seperti yang diketahui bahwa ada 9 kategori bantuan terkait dengan covid-19 yang dimiliki Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota dan apakah anda termasuk salah satunya? Untuk menjawabnya, mari simak penjelasannya sebagai berikut :

Bantuan Sosial dari Pemerintah Pusat

Bantuan Sosial (Bansos) yang bersumber dari APBN Pemerintah Pusat itu ada sebanyak 6 kategori yang perlu anda ketahui diantaranya :

1. PKH

Tahu PKH? PKH adalah Program Keluarga Harapan. PKH dialokasikan untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total anggaran sebanyak Rp37,4 triliun. KPM akan menerima PKH sebanyak dua kali dalam 1 tahun masing-masing bantuan diberikan selama 3 bulan.

2. Kartu Sembako Murah

Total anggaran yang disediakan untuk Kartu Sembako Murah sebesar sekitar Rp43,6 triliun untuk 20 juta penerima manfaat. Masing-masing penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp200.000 per bulan Maret-Desember.

3. Kartu Pra Kerja

Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapat paket dengan total manfaat senilai Rp 3.550.000. Dananya dialokasikan sebesar Rp 1 juta untuk biaya pelatihan. Sementara insentif tunai adalah Rp600.000/bulan selama 4 bulan dan insentif usai pengisian 3 kali survei evaluasi sebesar Rp50.000/survei.

Program Kartu Pra Kerja bagi pekerja memenuhi syarat yang terdampak secara ekonomi akibat COVID-19 ini berlaku mulai 11 April 2020 hingga minggu ke-4 November, setiap minggunya akan dibuka kuota sekitar 164.000 peserta.

4. Bantuan Sosial Presiden (Bodetabek)

Bantuan sembako sebesar Rp1 triliun untuk wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi diberikan kepada 1,6 juta jiwa atau 576.000 KK dengan alokasi Rp600.000/bulan selama 3 bulan.

5. Bantuan Sosial Presiden (luar Bodetabek)

Bantuan sosial tunai sebesar Rp16,2 Triliun diberikan kepada 9 juta KK domisili luar Bodetabek yang tidak menerima bansos PKH maupun bansos sembako dengan alokasi Rp600.000/bulan selama 3 bulan.

6. Dana Desa

Bantuan sosial untuk terdampak COVID-19 yang dialokasikan dari Dana Desa adalah sebesar Rp21 triliun diberikan kepada kurang lebih 10 juta keluarga penerima dengan alokasi sebanyak Rp600.000/bulan selama 3 bulan.

Apakah anda termasuk salah satu dari 6 bantuan sosial yang bersumber dari APBN Pemerintah Pusat? atau yang bersumber dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang diantaranya yaitu :

Bantuan Sosial dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat

1. Bantuan Sosial Pemerintah Provinsi

Bantuan sosial Provinsi merupakan Bantuan Sosial Tunai dan Non-Tunai yang diberikan Pemprov Jabar bagi keluarga miskin dan rentan miskin yang berpendapatan harian serta terdampak gejolak sosial dan ekonominya akibat pandemi COVID-19 di Jawa Barat yang belum mendapatkan bantuan apapun dari Pemerintah Pusat.

Penerima manfaat Program Bansos Provinsi akan menerima bantuan selama 4 bulan sebesar Rp500.000 / KK / bulan, dengan rincian: Bantuan Tunai sebesar Rp150.000 / KK / bulan dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) sebesar Rp350.000/KK/ bulan.

2. Gerakan Nasi Bungkus

Bantuan yang diselenggarakan oleh komunitas Jabar Bergerak berupa nasi bungkus bagi penerima manfaat yang tidak terdata / tidak memiliki KTP seperti pengemudi ojek online dan ojek pangkalan, sopir angkutan kota, para pedagang, anak kos, anak jalanan dan masyarakat sekitar yang kekurangan dari sisi pangan.

Nah, kalau Bansos dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat hanya ada 2 bantuan saja.

Sedangkan Bansos dari Pemerintah Kabupaten/Kota hanya ada satu kategori bantuan saja, yakni Bantuan sosial yang diberikan oleh Pemerintah Daeraha Kabupaten/Kota untuk masyarakat miskin dan rentan miskin yang sedang tidak menerima bantuan sosial apapun dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi.

Jika ditotal ada sebanyak 9 kategori Bantuan Sosial yang telah disediakan baik oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Harap dicatat bahwa 9 kategori Bansos tersebut itu tidak serta merta harus anda peroleh semua, melainkan hanya salah satunya saja dan apabila anda termasuk dari salah satu Bansos tersebut, akan tetapi sampai saat ini belum menerima satu pun bantuan terkait covod-19 ini, silahkan anda buat aduan melalui aplikasi PICOBAR

  1. Instal aplikasi PICOBAR
  2. Buat akun terlebih dahulu (bisa login dengan menggunakan akun facebook anda);
  3. Tekan tombol Aduan;
  4. Isi data diri anda atau data diri orang lain yang akan anda adukan dan isikan nomor KTP, nama lengkap, Nomor telepon/WA, dan email, termasuk alamat domisili;
  5. Ikuti semua petunjuknya sampai dengan selesai, termasuk kirim upload dokumen KK asli;
  6. Setelah prosesnya selesai, jangan lupa disimpan atau dicatat nomor aduannya ya.

Dengan membuat aduan, setidaknya anda telah membantu pemerintah dalam melakukan pendataan. Ingat ya, jangan hanya koar koar disosmed yang kecil kemungkinan didengarkan, kecuali kalau sudah viral, itu lain lagi ceritanya.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan semoga Bansos dapat tersalurkan dengan tepat sasaran. Mari kita kawal sama - sama.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar