Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Penyebab dan Cara Mengatasi Akun GTK Ganda Saat Verifikasi

Sampai saat ini ternyata masih banyak pertanyaan mengenai cara mengatasi akun GTK ganda pada saat akan diverifikasi. Sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut, akan saya jelaskan terlebih dahulu penyebab terjadinya akun GTK menjadi ganda "Login Sebagai PTK None - Kec. Cikarang Selatan" berdasarkan sepengetahuan saya pribadi.

Jadi, penyebab munculnya akun GTK menjadi ganda disebabkan karena 2 faktor diantaranya yaitu :

  1. Mengganti email lama ke email baru; dan
  2. Mengganti password lama ke password baru melalu menu penugasan.

Sepengetahuan saya, biasanya akun ganda tersebut akan hilang paling cepat 1 x 24 jam setelah anda melakukan sinkronisasi secara rutin. Namun apabila pada saat anda akan melakukan verifikasi akun dan akun GTK tersebut tetap muncul berganda, anda tetap melakukan verifikasi dengan cara seperti berikut :

  1. Login dengan menggunakan akun individual GTK pada url Individual GTK
  2. Pilih salah satu nama GTK mulai dari yang paling pertama dulu;
  3. Setelah berhasil login, silahkan klik bagian "Biodata" dan pilih "Identitas". Scrol kebawah sampai anda menemukan alamat email GTK yang berganda tersebut. Pastikan alamat email tersebut sudah sesuai dengan alamat email yang ada di penugasan dapodik. Jika belum sama, silahkan kembali logout untuk kemudian login kembali dengan memilih nama GTK yang kedua;
  4. Jika nama emailnya sudah sesuai dengan email yang ada dipenugasan dapodik, cek kembali dibagian "Biodata" dan "Identitas" apakah sudah sesuai atau belum? Jika sudah sesuai, lanjut dengan meng-klik bagian "Akun". Pastikan nama akun dan usernamenya sudah sesuai dengan data yang ada di penugasan dapodik;
  5. Setelah seluruh rangkaian diatas telah sesuai dan telah anda ikuti, lakukan verifikasi dengan menekan tombol "Verifikasi Sekarang";
  6. Cek email masuk dari Dapdodik Kemdikbud dan masukan masukan keempat angka dari kode verifikasi tersebut kedalam kolom verifikasi;
  7. Selamat,.... akun GTK anda telah berhasil diverifikasi.

Selain permasalahan akun GTK ganda pada SSO (Login Individual GTK), permasalahan lain yang sering dikeluhkan oleh operator dapodik yaitu kode verifikasi tak kunjung ada setelah kita menekan tombol verifikasi sekarang di akun GTK. Ada 2 (dua) faktor lagi penyebabnya, yang pertama adalah server sedang error dan penyebab yang kedua yaitu kode verifikasi yang telah dikirim tidak masuk kedalam menu kotak masuk email, melainkan kedalam menu kotak spam.

Jadi, jika kode verifikasi akun GTK anda tidak ada dimenu kotak masuk email, sebaiknya cek juga dimenu kotak spam pada email tersebut.

Saya harap penjelasan saya mudah untuk anda pahami, jika kurang paham juga, silahkan tinggalkan komentar atau hubungi saya melalui menu "contact" diatas. Jika saya sedang tidak sibuk, pasti saya respon. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar