Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Penyebab Menu Sinkronisasi Tidak Muncul di Dapodik Patch 2021a

Jika anda menglami kendala seperti pada judul artikel yang saya tulis diatas, sebaiknya baca terus artikel ini sampai dengan selesai agar anda dapat mengetahui faktor penyebab dan cara mengatasinya.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa penggunaan aplikasi dapodik yang diterapkan ditahun ini adalah dapodik versi 2021 yang akan selalu diperbaharui mengingat banyak sekali bugs yang dikeluhkan oleh para operator dapodik.

Pada aplikasi dapodik 2021 terdapat penambahan fitur yang tidak ada pada aplikasi dapodik tahun 2019, dimana pada saat ini seluruh GTK(Guru dan Tenaga Kependidikan) wajib melakukan verifikasi akun masing - masing dengan menggunakan alamat email yang aktif. Apabila terdapat salah satu GTK tidak melakukan verifikasi akun-nya sampai dengan 31 Oktober 2020, maka namanya akan dihapus dari daftar dapodik dan tentunya itu sangat tidak bagus.

Oleh karenanya, apa pun yang diinstruksikan sebaiknya diikuti saja jika itu baik untuk kedepannya.

Mungkin itu saja sedikit pembukaan yang dapat saya sampaikan mengingat fokus pada artikel ini terkait dengan permasalahan/kasus tidak munculnya tombol sinkronisasi pada aplikasi dapodik 2021.

Jika pada aplikasi dapodik sekolah anda menu sinkronisasinya tidak muncul, itu berarti anda harus melakukan perbaikan data invalid terlebih dahulu. Darimana kita dapat mengetahui adanya data invalid? untuk mengetahui data mana saja yang invalid, silahkan anda lakukan validasi lokal terlebih dahulu. Dari menu tersebut akan diketahui data mana saja yang masih invalid. Jika data invalidnya sudah anda perbaiki semua, maka secara otomatis menu sinkronisasi akan muncul.

Sementara hanya ini penyebab dan cara mengatasi menu sinkronisasi yang tidak muncul. Semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menulis komentar pada kolom yang telah saya sediakan dibawah. Terima kasih!

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar