Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Perbedaan Dapodik 2021 dengan Dapodik 2021.a yang Perlu Anda Ketahui

Sudah tahukah anda bahwa terhitung mulai hari ini (18/08/2020) telah terbit pembaharuan yang berupa patch dapodik 2021.a yang mana besaran size-nya tidak sampai 4 MB. Jika anda belum tahu, segeralah lakukan pembaharuan aplikasi keversi dapodik 2021.a, mengingat pembaharuan tersebut sangatlah penting karena dapodik versi sebelumnya masih terdapat bugs yang sangat mengganggu bagi para operator sekolah.

Salah satu bugs yang sangat mengganggu adalah akun guru atau tendik yang menjabat sebagai operator dapodik tidak dapat diverifikasi. Oleh karenanya, dengan adanya pembaharuan tersebut akun guru atau tendik yang menjabat sebagai opertor dapodik kini telah teratas.

Berikut ini merupakan pembaharuan dan perbaikan pada aplikasi dapodik versi 2021.a yang bersumber dari https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/rilis-pembaruan-aplikasi-dapodik-versi-2021-a diantaranya adalah :

  1. [Pembaruan]Penambahan jenis rombel baru Daring/PJJ pada jenjang PKBM/SKB.
  2. [Pembaruan]Penambahan jenis rombel baru Kursus pada jenjang PKBM/SKB.
  3. [Pembaruan]Penambahan pemilihan role pengguna ketika saat setelah login.
  4. [Pembaruan]Penambahan bisnis proses pada login operator sekolah dapat menggunakan fitur tarik data.
  5. [Perbaikan]Bugs fixing pada API validasi untuk proses sinkronisasi.
  6. [Perbaikan]Bugs fixing SILN tidak dapat tambah GTK baru.
  7. [Perbaikan]Bugs fixing fitur penambahan/perubahan Akun GTK.
  8. [Perbaikan]Bugs fixing perubahan password dengan metode enkripsi baru.
  9. [Perbaikan]Bugs fixing validasi untuk menghitung rasio rombel paralel terhadap jumlah peserta didik.
  10. [Perbaikan]Bugs fixing validasi pengecekan kondisi bangunan.
  11. [Perbaikan]Pembukaan kembali isian riwayat pendidikan formal bagi GTK dengan batas waktu yang telah ditentukan.
  12. [Perbaikan]Pelepasan pengecekan data akun Kepala Sekolah/PLT Kepala Sekolah pada saat registrasi baik online maupun offline dan pada saat login ke Aplikasi Dapodik.
  13. [Perbaikan]Perubahan bisnis proses aturan pada saat memetakan peserta didik ke dalam rombongan belajar untuk jenjang SLB.

Untuk link unduhan patch dapodik 2021.a, berikut adalah link alternatif yang dapat anda unduh yang adan dibawah ini :

Setelah versi patch dapodik 2021 berhasil anda unduh, anda tidak perlu melakukan uninstal aplikasi dapodik 2020. Langsung saja diinstal versi patch-nya sampai dengan selesai. Jangan lupa lakukan refresh/reload aplikasi dengan menekan tombol CTRL+ F5 setelah aplikasi terbuka.

Setelah anda mencoba login dan menemukan tampilan yang berbeda seperti pada gambar dibawah ini :

Jangan kaget, itu adalah penambahan fitur role pengguna. Langsung saja klik pada area tersebut dan anda akan diarahkan kehalaman utama aplikasi dapodik 2021.a.

Perbadaan lainnya yang ada pada patch dapodik 2021.a yaitu hilangnya tulisan "akun terverifikasi" dan "akun belum terferifikasi" baikpada akunoperator sekolah (admin) maupun akun GTK.

Untuk mengetahui masing - masing akun GTK sudah terverifikasi atau belum, sebaiknya melihatnya melalui manajemen sekolah pada url https://sp.datadik.kemdikbud.go.id. Jika masih ada akun GTK yang belum terverifikasi, segera lakukan verifikasi akun melalui url https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id.

Itulah perbedaan yang menurut saya paling mencolok antara dapodik 2021 dengan patch dapodik 2021.a. Sekian dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar