Skip to main content

Solusi Tabel Referensi Terdapat Invalid Data PTK Versi Dapodik Teranyar

Jika anda mengalami permasalahan ketika akan melakukan validasi lokal baik melalui akun operator sekolah maupun akun kepala sekolah dan menemukan data invalid pada tabel referensi berupa "Ditemukan PTK dengan nama A pada jenis PTK bla bla bla...... . Jika permasalahannya seperti itu, sebaiknya jangan panik dulu.

Berikut langkah - langkah perbaikan tabel reverensi dapodik yang invalid dijenis PTK:

  1. Login melalui akun PTK yang bersangkutan atau melalu menu tukar pengguna;
  2. Klik "Ubah" dan cari menu kepegawaian didalam menu ubah data tersebut;
  3. Ganti jenis PTK menjadi Guru Kelas atau sebaliknya sesuai dengan tugasnya masing - masing;
  4. Simpan hasil perubahan tersebut;
  5. Tekan tombol CTRL + F5 (reload/refresh browser).

Setelah melakukan refresh browser dengan menekan tombol CTRL + F5, silahkan lakukan validasi lokal untuk memastikan bahwa data PTK pada tabel referensi tersebut telah hilang.

Apabila didalam menu "Ubah" data PTK pada bagian kepegawaian telah terkunci kolom perubahan jenis PTK-nya, maka jalan satu - satunya yang dapat anda lakukan yaitu dengan menghubungi admin KK datadik Kabupaten/Kota agar jenis PTK yang invalid tersebut dapat segera teratasi.

Berhubung pada aplikasi dapodik versi 2022 mau versi patch-nya sudah tersedia opsi tarik data, anda tidak perlu melakukan registrasi dari awal,cukup melakukan tarik data dan pastikan laptop anda telah terkoneksi dengan internet serta hindari proses tarik data/sinkronisasi data dijam - jam yang sibuk.

Kurang lebih seperti itulah informasi yang dapat saya bagikan kepada anda sekalian. Semoga bermanfaat!


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT