Skip to main content
BERPUSAT

follow us

Ada yang Baru Nih! Dapodik Update Versi 2021.e

Sudah pada tahu belum nih rekan - rekan OPS dapodik se Indonesia? Sesuai dengan judul yang saya tulis diatas jika anda kebetulan membaca postingan saya, sebaiknya segera lakukan update aplikasi dapodik anda ke versi yang paling baru. Untuk diketahui bahwa rilisnya aplikasi Dapodik Versi 2021.e sudah bisa anda unduh melalui situs resmi dapo.kemdikbud.go.id mulai tanggal 21 April kemarin.

Dengan dirilisnya aplikasi dapodik versi terbaru ini diharapkan dapat menunjang pendataan yang lebih baik lagi. Namun setiap aplikasi pastinya selalu saja ada bugs yang seringkali ditemukan. Oleh sebab itu dengan adanya perbaikan aplikasi pada aplikasi tersebut setidaknya dapat menambal beberapa error yang seringkali terjadi pada aplikasi dapodik sebelum - sebelumnya.

Selain berfungsi untuk perbaikan aplikasi dapodik agar semakin baik lagi, pada versi dapodik 2021.e juga terdapat pembaharuan pada penambahan rekap kerusakan per bangunan pada beranda, Penambahan alur penginputan NIP dan TMT untuk status kepegawaian PPPPK, Penambahan referensi pangkat golongan untuk status kepegawaian PPPPK, dan Penambahan perizinan karakter spesial pada nama, nama ibu kandung, nama ayah, nama wali di formulir peserta didik serta Penambahan referensi tingkat pendidikan untuk jenjang PKBM dan SKB (Tarik Data).

BACA JUGA: Panduan Lengkap Verifikasi dan Validasi Biodata Siswa Mandiri

Dikutip dari halaman resmi dapodik, berikut perbaikan - perbaikan pada aplikasi Dapodik Versi 2021.e:

  1. Perbaikan pembaruan otomatis secara online;
  2. Perubahan bisnis proses perubahan data yayasan hanya melalui http://vervalyayasan.data.kemdikbud.go.id;
  3. Perubahan validasi menjadi warning untuk jumlah karakter pada nama GTK;
  4. Bugs fixing terkait perhitungan kondisi kerusakan pada Bangunan dan Ruang;
  5. Bugs fixing terkait pada saat penambahan Peserta Didik baru untuk bentuk pendidikan SPK PG dan SPK TK; dan
  6. Bugs fixing terkait mapping anggota rombel untuk bentuk pendidikan SPK PG dan SPK TK.
DOWNLOAD
Aplikasi Dapodik versi 2021.e (8MB)

Disarankan untuk mengunduh patch aplikasi Dapodik versi 2021.e sebaiknya langsung melalui sumber resmi dapo.kemdikbud.go.id. Namun apabila situs tersebut down dan anda ingin cepat - cepat memperbaharui aplikasinya, anda dapat menggunakan alternatif unduhan melalui menu download yang telah saya sediakan diatas.

Tidak ada yang berubah mengenai tata cara melakukan update aplikasi dapodik, umumnya hanya cukup dengan mengklik kanan run as administrator tepat pada patch dapodik 2021.e kemudian instal. Agar tampilan aplikasi dapat berjalan dengan sempurna, pastikan selalu tekan tombol CTRL + F5 pada browser yang anda gunakan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar