Skip to main content

Ada yang Baru Nih! Pembaharuan Dapodik Versi Patch 2022A

Disampaikan kepada kepala Dinas Provinsi dan cabang, Dinas Pendidikan Kab/Kota, LPMP, PP/BP PAUD dan Dikmas, dan Kepala PAUD, SKB, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan PKBM diseluruh Indonesia saat ini telah rilis pembaharuan dapodik patch 2022A.

Perihal adanya pembaharuan aplikasi dapodik terkait karena adanya iformasi bugs dan penambahan kurikulum yang dapat mengganggu kelancaran sekolah saat melakukan pemuktahiran data. OLeh sebab itu dirilislah pembaharuan berupa patch dapodik 2022A.

Dengan dirilisnya aplikasi dapodik versi terbaru ini diharapkan dapat menunjang pendataan yang lebih baik lagi. Namun setiap aplikasi pastinya selalu ada saja yang namanya bugs yang sering sekali ditemukan. Oleh karena dengan adanya perbaikan aplikasi tersebut tarik data maupun sinkronisasi data dapat berjalan dengan lancar.

Bagi anda yang masih menggunakan dapodik versi 2022 yang sampai saat ini tidak dapat melakukan sinkronisasi, sebaiknya segera diupdate ke versi 2022A ya. Jangan takut untuk melakukan udate aplikasi, langsung saja diunduh dan diinstal dengan cara ditimpa tanpa harus menghapus aplikasi sebelumnya.

Baca juga:
Panduan Lengkap Verifikasi dan Validasi Biodata Siswa Mandiri

Selain adanya perbaikan aplikasi dapodik agar semakin baik lagi, pada versi patch 2022A terdapat pembaharuan berupa terakomodirnya pembelajaran untuk sekolah penggerak untuk jenjang SD, SMP, dan SMA.

Mengutip halaman resmi dapo.kemdikbud.go.id, berikut perbaikan - perbaikan yang terdapat aplikasi dapodik Versi patch 2022A:

  1. Perbaikan dibukanya inputan untuk nilai UPK bagi jenjang PKBM/SKB (Diperuntukan bagi satuan pendidikan yang belum mengisi nilai UPK peserta didik;
  2. Perbaikan Perbaikan bugs pada saat meluluskan bagi jenjang KB, TPA, dan SPS;
  3. Perbaikan validasi untuk pengecekan nama peserta didik dan nama ibu kandung yang mengandung char “tab dan enter” (dibuka hanya semester ganjil TA 2021/2022); dan
  4. Perbaikan Penyesuaian validasi pembelajaran paradigma baru.

Disarankan untuk mengunduh patch aplikasi Dapodik versi 2022A sebaiknya melalui sumber resmi dapo.kemdikbud.go.id. Namun apabila situs tersebut down dan anda ingin cepat - cepat memperbaharui aplikasi, anda dapat menggunakan alternatifnya melalui link tautan berikut.

Bagi sekolah yang belum menggunakan aplikasi dapodik versi 2022 wajib untuk menginstal versi installernya terelebih dahulu, selanjutnya instal installer tersebut sampai dengan selesai. Kemudian instal kembali versi patch 2022A, refresh browser dengan cara menekan tombol CTRL F5. Setelah berhasil login, pastikan tampilan aplikasi sudah tertulis dapodik 2022.a.

Jangan lupa gunakan fitur tarik data untuk pembaruan referensi aplikasi bagi yang belum pernah menginstal dapodik 2022.

Sedangkan untuk sekolah yang sudah menginstal dapodik versi 2022, tidak perlu lagi menginstal installernya. Cukup menginstal versi patch 2022A dengan cara menimpanya. Selain itu, bagi sekolah yang telah melakukan sinkronisasi tidak perlu menggunakan fitur tarik data apabila anda sudah melakukan perbaikan data yang belum sempat di sinkronisasi-kan karena dikhawatirkan hasil inputan anda hilang. Penjelasan lebih rinci bisa lihat postingan saya yang berjudul pahami kembali tahapan sebelum dan sesudah instal patch dapodik 2022A

  1. Instaler dapodik 2022 PAUDDIKDASMEN
  2. Instaler dapodik 2022 Vokasi [SMK]

Dapodik versi Patch 2022A Input Nilai UPK

Disampaikan kepada Kepala PP/BP PAUD dan Dikmas, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala PKBM, dan SKB diseluruh Indonesia. Berdasarkan surat edaran Direktorat PMPK Nomor 1826/C6/PM.01.03/2021 bahwa Direktorat PMPK masih memberikan kesempatan kepada Satuan Pendidikan Jenjang PKBM dan SKB untuk melakukan input nilai nilai Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK).

Oleh karenanya sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah telah melakukan pemutakhiran Aplikasi Dapodik versi 2022.a. Pembaruan dan perbaikan aplikasi dilakukan untuk menunjang pendataan yang lebih baik.

Tata cara instaliasi dari dapodik 2022 ke dapodik patch 2022A, langkah - langkahnya yaitu:

  1. Untuk patch dapodik 2022A melalui sumber resmi atau melalui alternatif link tautan yang telah saya bagikan;
  2. Instal patch 2022A dengan cara menimpa aplikasi dapodik 2022. Pada tahap ini anda tidak perlu menghapus dapodik yang sudah ada sebelumnya ya, yaitu dapodik 2022;
  3. Refresh browser dengan menekan tombol CTRL F5 baik sebelum login maupun setelah anda login ketika anda membuka aplikasi;
  4. Pastikan tampilan aplikasi sudah menggunakan versi 2022.a
  5. Gunakan fitur tarik data untuk pembaruan referensi aplikasi dengan catatan anda telah melakukan sinkronisasi.

Bagi yang sudah sinkronisasi namun ada beberapa data yang telah anda perbaiki di dapodik 2022 dan belum sempat disinkron-kan, saran saya sebaiknya sinkronisasi terlebih dahulu di dapodik 2022A. Setelah itu kembali login dengan menggunakan akun operator dan gunakan fitur tarik data untuk pembaruan referensi aplikasi.

Demikian dan semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih!

CATATAN :
Postingan diperbaharui pada tanggal 11 Agustus 2021 berdasarkan informasi yang bersumber dari dapo.kemdikbud.go.id dan hasil pengalaman sendiri.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT