Skip to main content

Jika Dapodik Invalid Nama Ibu Kandung Mengandung Spesial Karakter, Begini Cara Memperbaikinya

Bagi anda yang pada aplikasi dapodik khususnya dapodik versi 2021.d maupun versi 2021.e dan versi diatasnya mengalami data invalid ketika akan melakukan validasi lokal maupun validasi pusat dengan keterangan invalid seperti "tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu kandung mengandung spesial karakter maupun invalid karena kolom NISN yang masih kosong (tidak punya NISN)".

Pada aplikasi dapodik yang terbaru ini apabila pada saat melakukan sinkronisasi yang mana sebelumnya wajib melakukan validasi lokal terlebih dahulu dengan menggunakan akun operator sekolah, jika didapati adanya data yang invalid tentu saja anda tidak akan bisa melakukan sinkronisasi data dapodik. Lalu apa solusinya jika tidak bisa sinkron data karena invalid seperti pada nama ibu kandung mengandung spesial karakter?

Solusi untuk mengatasi permasalahan - permasalahan yang telah saya sebutkan tadi sangatlah mudah. Ingat ya! anda tidak perlu menghapus aplikasi dapodik lalu kemudian melakukan instalasi ulang. Cara tersebut bukanlah cara yang efektif dan tentunya hanyak akan menambah jam kerja anda. Jika anda mengikuti perkembangan dapodik, pastinya ada tahu tentang perbedaan dapodik yang sangat membantu operator sekolah dalam melakukan sinkronisasi yaitu adanya fitur Tarik Data.

Dengan adanya fitur "tarik data" pada aplikasi dapodik yang terbaru ini anda dengan sangat mudah dapat memperbaiki data - data yang invalid hanya cukup dengan menekan tombol tarik data. Mohon diingat juga bahwa fungsi dari fitur tarik data berbeda dengan fitur sinkronisasi data ya. Tarik data itu berfungsi untuk menarik data dari yang awalnya invalid menjadi valid (ini nantinya tidak akan muncul di progress data). Sedangkan fungsi dari sinkronisasi data itu digunakan untuk mengirim data pokok masing - masing sekolah ke server dapodik pusat dan nantinya hasil sinkron tersebut akan terbaca di dapo.kemdikbud.go.id pada bagian progres data.

Kembali ke topik utama mengenai permasalahan data invalid pada nama ibu kandung mengandung spesial karakter. Untuk memperbaiki data invalid yang mengandung spesial karakter seperti kelebihan spasi, maka anda harus memperbiki data masternya terlebih dahulu di https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/ dengan menyiapkan dokumen berupa kartu keluarga (KK) yang sudah terintegrasi dengan data dukcapil. Melakui vervalpdnew2 anda juga dapat memperbaiki data lainnya seperti perbaikan NIK siswa, nama lengkap siswa, tempat dan tanggal lahir siswa. Bagi anda yang ingin mengetahui apakah data -data siswa di sekolah anda telah ditemukan didukcapil atau datanya tidak ditemukan di dukcapil, anda dapat membaca tips yang sudah saya posting dengan judul artikel Panduan Lengkap Verifikasi dan Validasi Biodata Siswa Mandiri.

Berikut merupakan langkah dalam memperbaiki data invalid dapodik di-vervalpdnew2:

  1. buka tautan https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/
  2. pilih Edit Identitas pada menu "Pengelolaan";
  3. cari nama siswa pada kolom daftar siswa;
  4. cocokan kembali biodata tersebut dengan kartu keluarga (KK). Jika mengandung spesial karakter berupa spasi, silahkan hapus kelebihan spasinya;
  5. untuk mengakhiri, klik tombol Validasi Data.

Pada perbaikdan biodata siswa yang terbaru ini anda tidak perlu lagi melakukan upload dokumen berupa KK atau akta lahir. Apabila biodata siswa tersebut ditemukan di dukcapil, maka validasi data tersebut akan sukses. Namun apabila validasi datanya tidak berhasil, silahkan anda koordinasi dengan dukcapil setempak untuk melakukan update data dukcapil.

Setelah validasi biodata siswa yang anda ajukan untuk perbaikan telah berhasil, silahkan buka kembali aplikasi dapodik dan login kembali dengan menggunakan aku operator sekolah. Pastikan koneksi internet anda aktif lalu keumudian klik tombol Tari Data. Tunggu proses tarik data tersebut sampai dengan berhasil dan sekarang silahkan anda lakukan validasi lokal maka data invalid pada nama ibu kandung, tempa dan tanggal lahir siswa akan menjadi valid kembali. Jika data - data sudah tidak ada yang invalid lagi, silahkan lakukan sinkronisasi data dapodik dengan menggunakan akun kepala sekolah.

Catatan: Budayakan membaca dari awal sampai dengan akhir agar anda dapat memahaminya dengan mudah.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT