Skip to main content
BERPUSAT

follow us

Solusi Ketika Muncul Error Tahun Lahir di Dapodik 2022 [Gagal Simpan Perubahan Data]

Belum juga selesai melakukan Verval PD, sepertinya ada lagi nih tugas operator dapodik ketika akan melakukan edit data siswa pada aplikasi dapodik yang terbaru ini. Contoh tugas yang saya maksudkan disini yaitu muncul error dengan keterangan "gagal menyimpan, mohon isi form dengan benar. Field yang salah ditandai dengan kotak merah".

Memang betul field yang invalid tersebut biasanya ditandai dengan adanya kotak yang berwarna merah tersebut. Akan tetapi setelah ditelusuri tidak ditemukan adanya tanda - tanda kotak berwarna merah dimenu edit data siswa. Apakah ini tandanya bugs baru yang perlu diperbaiki secepatnya?

Bagi anda yang mengalami kendala munculnya error pada tahun lahir pada saat melakukan edit data siswa, namun setelah diteliti anda tidak menemukan kotak yang berwarna merah, silahkan anda ikuti petunjuk yang saya bagikan berikut.

Untuk mengatasi permasalahan error karena invalid tahun lahir sangatlah mudah. Jika anda lebih teliti lagi dalam memeriksa semua kolom satu persatu. Apabila semua kolom tahun lahir sudah anda isi semua, namun invalid tersebut masih saja tidak hilang, silahkan anda pilih "Ya" pada menu Data Wali. Nah dari data wali tersebut silahkan anda hapus angka nol tepat pada kotak tahun lahir. Setelah itu jika memang tidak ada data wali, silahkan anda pilih kembali pada pilihan "Tidak". Simpan hasil perubahan tersebut dan saya yakin pasti error pada tahun lahir ini bakalan hilang.

Inilah faktor penyebab yang membuat bingung para operator dapodik karena biasanya menu data wali ini rata - rata memilih opsi tidak memiliki wali. Oleh sebab itu, silahkan anda cek data wali untuk menghilangkan kolom yang berwarna merah pada kotah tahun lahir dan jenis pekerjaannya. Saya harap anda paham mengenai yang saya maksudkan ini ya. Selamat mencoba dan jangan pernah putus asa.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar