Skip to main content
BERPUSAT

follow us

Panduan Lengkap Verifikasi dan Validasi Biodata Siswa di nisn.data.kemdikbud.go.id

Verval PD - Dalam hal perbaikan biodata siswa baik itu siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD maupun SMP dan SMA, saat ini seluruh pendataan siswa telah terintegrasi dengan data dukcapil. Oleh sebab itu, pastikan nomor NIK siswa termasuk nama lengkap siswa, tempat dan tanggal lahir maupun nama ibu kandung siswa harus benar - benar sesuai dengan database dukcapil.

Saat ini proses verifikasi dan validasi data siswa bisa dilakukan secara mandiri oleh orangtua siswa masing - masing melalui alamat https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ dan untuk langkah - langkahnya yaitu:

Tahap Pertama Verifikasi dan Validasi Biodata Siswa Secara Mandiri Tahun 2021

  1. Pastikan anda telah mencatat nomor NISN anak anda dan nomor NPSN tempat anak anda bersekolah (nomor NPSN sekolah bisa anda minta ke guru kelas/wali kelas);
  2. Siapkan dokumen berupa Kartu Keluarga (KK);
  3. Buka tautan nisn.data.kemdikbud.go.id
  4. Masukan nomor NISN siswa dan nama ibu kandung (nama ibu kandung boleh ditulis lengkap atau nama depannya saja);
  5. Beri tanda ceklis pada kotak "saya bukan robot";
  6. akhiri dengan menekan tombol Cari Data.

Setelah tadi anda menekan tombol "Cari Data" apabila data tersebut cocok dengan data yang diinput pada aplikasi dapodik sekolah, maka akan tampil seperti pada gambar berikut.

Apabila biodata anak anda tidak ditemukan, kemungkinan yang sering terjadi adalah penulisan nama ibu kandung tidak sesuai dengan yang ada pada aplikasi dapodik sekolah. Sebaiknya anda konfirmasikan terlebih dahulu dengan pihak sekolah sebelum melanjutkan proses verifikasi dan validasinya pada tahap kedua.

Tahap Kedua Verifikasi dan Validasi Biodata Siswa Secara Mandiri Tahun 2021

Jika pada tahap pertama biodata anak anda muncul seperti pada gambar diatas tadi, selanjutnya pada tahap kedua ini silahkan anda masukan nomor NPSN sekolah, tanggal Lahir anak anda dan nomor NIK anak anda pada masing - masing kolom yang tersedia. Setelah semua kolom terisi, beri tanda ceklis pada kotak "saya bukan robot" dan akhiri dengan menekan tombl Lihat Data. Perhatikan gambar berikut!

Pada tahap kedua ini, apabila terjadi kendala nomor NIK siswa tidak ditemukan, silahkan koordinasi dahulu dengan operator sekolah guna memastikan nomor NIK siswa yang ada di Kartu Keluarga cocok dengan yang diinputkan pada aplikasi dapodik sekolah. Bila dirasa nomor NIK siswa antara Kartu Keluarga dengan yang ada di aplikasi dapodik sekolah sudah cocok, akan tetapi nomor NIK-nya tidak ditemukan sebaiknya segera anda koordinasi dengan kantor Dukcapil setempat untuk melakukan update data.

Jika nomor NIK siswa tersebut cocok setelah tadi anda menekan tombol Lihat Data sehingga tampil semua biodata yang ada pada Kartu Keluarga seperti pada gambar dibawah ini:

Pada gambar diatas, isi semua kolom yang masih kosong (kecuali NIK wali dan nama wali). Anda juga dapat memberi tanda ceklis apabila ayah atau ibu telah meninggal. Setelah semua kolom terisi, silahkan anda tekan tombol Klik disini untuk validasi data.

Setelah anda meng-klik disini untuk validasi data dan semua warna dimasing - masing kolom berwarna hijau alias data sesuai dukcapil, silahkan anda beri tanda ceklis pada kotak "Dengan ini saya menyetujui untuk melakukan pengajuan perubahan data sesuai dengan formulir diatas" dan meng-klik tombol pengajuan perubahan data, beritahu operator sekolah agar pengajuan anda disetujui oleh sekolah.

Jika terdapat salah satu kolom yang berwarna merah alias data tidak valid dukcapil, segera anda koordinasi dengan pihak dukcapil setempat untuk melalukan update database dukcapil.

Demikian yang dapat saya informasikan dan semoga bisa dipahami dengan baik ya. Untuk panduan berupa video tutorialnya akan segera saya update kembali diartikel ini. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar