Skip to main content
BERPUSAT

follow us

Tips Merawat Cartridge Canon IP2700 Supaya Tidak Cepat Rusak

Dari berbagai macam jenis dan merk dari macam -macam printer yang beredar sekarang ini printer canon ip2700 ternyata cukup banyak peminatnya. Yang pertama karena harganya yang sangat terjangkau, dan juga untuk urusan cetak undangan, printer canon ip2700 ini bisa diandalkan. Namun, disamping harnyanya yang terjangkau printer merk ini juga memiliki beberapa kekurangan yaitu harga catridge nya yang lumayan cukup mahal dan cepat rusak juga jika tidak dirawat dengan baik.

Permasalahan yang sering terjadi terjadi adalah error yang menyebabkan lampu indikator berwarna orange (tombol RESUME), menyala dan berkedip sebanyak lima kali. Jika ini terjadi, ada tiga kemungkinan yang perlu diperhatikan agar error tersebut bisa segera diatasi.

1. Cartridge Tidak Terpasang Dengan Benar.

Kejadian ini bisa saja terjadi pada printer canon seri apa saja, terutama pada printer yang sudah dimodifikasi, seperti penambahan selang dan tabung tinta (infus). Meskipun pengaman katrid ditutup hingga berbunyi ‘klik’, tetapi kadang selang infus membuat katrid tidak terpasang semestinya, dan dapat meyebabkan error. Untuk mengatasinya masalah tersebut, coba ganjal bagian atas katrid dengan kertas.

2. Batas Cetak Telah Habis

Setiap printer mempunyai jumlah batasan dalam mencetak dokumen baik itu teks atau gambar. Ketika printer canon pixma ip2700 / ip2770 sudah memasuki batas tersebut, jangan untuk mencetak. Membersihkan mulut semprot saja tidak akan bisa dilakukan. Solusinya, gunakanlah resetter (link download ada di akhir artikel).

3. Cartridge Telah Rusak

Jika anda sudah mengganjal katrid menggunakan kertas namun masih juga terjadi error, ada kemungkinan bahwa katrid telah mati. Katrid yang sudah mati atau rusak bisa membuat proses mencetak tidak akan berjalan, meskipun hanya salah satu katrid saja yang mati, baik itu katrid hitam, atau katrid warna. Untuk mengatasinya tentu saja anda harus menggantinya dengan yang baru.

Berikut adalah cara merawat dan memperpanjang usia pakai pakai printer canon type ip2700 dengan bantuan resetter :

  1. Buka resetter Canon IP2700 atau jika belum punya bisa mencari resetter Canon IP2700 terlebih dahulu
  2. Dalam keadaan printer OFF, tekan dan tahan tombol "RESUME" lalu disusul dengan menekan tombol "POWER" (lampu hijau menyala). Jangan dulu lepaskan keduanya.
  3. Lepaskan tombol RESUME, lalu tekan tombol RESUME lima kali hingga lampu hijau dan orange menyala secara bergantian).
  4. Pada saat anda menekan tombol "RESUME" yang ke lima (terakhir), jangan langsung melepaskannya ya. Tetapi ditahan sebentar dan lepaskan bersamaan dengan tombol POWER.Tujuannya untuk membuat printer dalam keadaan SERVICE MODE dan windows akan mendeteksi printer sebagai DEVICE BARU setelah melakukan tiga poin di atas.

Setelah printer dalam keadaan SERVICE MODE, masukkan selembar kertas pada tatakan kertas, dan jalankan resetternya. Jangan lupa diekstrak dulu file yang sudah diunduh tersebut. Buka programnya dan kemudian pilih tombol EEPROM seperti gambar di bawah ini.

Lalu printer akan mencetak kumpulan kode, dan printer sudah siap digunakan kembali.

Kurang lebih seperti itulah kira - kira tips agar supaya printer Canon anda lebih awet alias tidak cepat rusak.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar