Skip to main content

Cara Mengatasi Error Database 2100 dan Merubah Password Lama Dapodik 2022

Pada postingan yang lalu sudah saya bahas mengenai cara melakukan perubahan password pada aplikasi dapodik 2022 dan semua itu dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. Namun ternyata masih banyak kasus yang dialami oleh Operator dapodik sekolah seperti tidak munculnya notifikasi perubahan password dapodik, tidak bisa login dan ada juga kasus tidak dapat mengganti password dapodik karena error database 2.100 sehingga aplikasi tidak dapat dilanjutkan.

Menginstal dapodik memang gampang - gampang susah, makanya disarankan sebelum anda melakukan instalasi sebaiknya membaca buku panduannya terlebih dahulu supaya proses instal-nya tidak ada yang sampai terlewatkan. Jika anda mengalami kasus tidak bisa login karena database dapodik error, saya harap melalui postingan ini dapat memberikan jalan keluarnya. Untuk mengatasi kasus seperti yang sudah saya sebutkan tadi, langsung saja ikuti langkah - langkahnya sebagai berikut:

  1. Sebelum menginstal dapodik versi terbaru, hapus dulu dapodik versi lama yang telah terinstal pada laptop anda;
  2. Lakukan clear cache (hapus riwayat histori) pada browser yang anda gunakan, apakah firefox, chrome maupun browser bawaan laptop dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + Del pada keyboard laptop anda. Maka akan tampak gambar seperti dibawah ini :
  3. Pada bagia "rentang waktu" silahkan anda pilih menjadi semua dan pada bagian dialog box diceklis semuanya;
  4. Tekan tombol "hapus data" dan tunggu prosesnya sampai dengan selesai.

Catatan: Disarankan untuk memilih opsi "Lanjutan" supaya proses clear cache-nya benar - benar bersih.

Pada tahap tersebut anda telah berhasil melakukan clear cache broswer. Kembali kehalaman utama dapodik di browser anda. Pada halaman dapodik tersebut silahkan anda lakukan reload (refresh) browser dengan cara menekan tombol Ctrl + F5. Jika muncul notifikasi Localhost:5774 says undefined tekan saja tombol "OK" sehingga anda diarahkan kehalaman login aplikasi.

Pada halaman login tersebut, silahkan anda login dengan menggunakan email dan password lama dapodik anda dan setelah berhasil login, maka akan muncul kembali notifikasi perubahan password dapodik lama ke dapodik baru.

Pastikan dalam melakukan perubahan password dapodik yang terbaru ini harus memiliki 5 kriteria seperti pada informasi yang dapat anda lihat pada gambar diatas.

Setelah anda berhasil mengganti password dapodik lama anda dengan password yang baru, masih pada aplikasi tersebut muncul perintah "logout". Silahkan anda klik tombol logout tersebut dan login kembali dengan menggunakan password dapodik terbaru anda.

Jadi kesimpulannya yaitu sebelum mengintal dapodik versi 2022 disarankan untuk melakukan clear cache terlebih dahulu dan saya sarankan juga untuk selalu membaca buku panduan instal dapodik 2022 sebelum melakukan instalasi agar tidak ada lagi kasus - kasus yang demikian.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT