Skip to main content
BERPUSAT

follow us

Login Dapodik Versi 2022 Wajib Ganti Password OPS

Sehubungan dengan rilisnya apllikasi dapodik versi 2022 diawal semester tahun ajaran baru 2021-2022, ada beberapa informasi yang ingin saya sampaikan khususnya mengenai cara instalasi aplikasi agar berhasil dan cara login kedalam aplikasi dapodik mengingat adanya kewajiban untuk penggantian password akun ops.

Kewajiban penggantian password lama ke password baru ini harus memenuhi 5 kriteria karakter, diantara yaitu :

  1. minimal memiliki 8 karakter;
  2. mengandung huruf besar;
  3. mengandung huruf kecil;
  4. mengandung angka; dan
  5. mengandung tanda baca seperti [tanda !@#$%^*()-_]. Contohnya : B4nasp@t1

Penggantian password lama ke password baru dapodik (akun OPS) tersebut akan tampil ketika anda sukses melakukan instalasi dapodik versi 2022 dan berhasil login untuk pertama kalinya. Maka diawal beranda akan muncuk notifikasi perubahan password seperti yang nampak pada gambar diatas.

Apabila password dapodik lama anda sudah memenuhi kelima kriteria tersebut, tidak diganti juga tidak apa apa akan tetapi cukup menuliskan ulang pada kolom password lama, password baru dan pada kolom konfirmasi password baru. Namun jika password dapodik lama anda tidak memenuhi kelima kriteria tersebut, wajib untuk melakukan perubahan password dapodik melalui akun operator sekolah.

Setelah anda berhasil melakukan perubahan dari password lama ke password akun dapodik baru, secara otomatis sistem pada aplikasi akan meminta anda untuk melakukan login ulang.

BACA JUGA: Buku Panduan Instalasi Dapodik 2022 [Pdf File]

Saya harap anda dapat memahaminya dan untuk proses instalasi dapodik versi 2022, silahkan anda hapus (uninstal) dapodik versi lama anda. Kemudian restart laptop anda. Unduh aplikasi dapodik versi 2022 melalui situs resmi melalui tautan https://dapo.kemdikbud.go.id/berita/rilis-aplikasi-dapodik-2022 untuk menghindari aplikasi dimodifikasi. Namun apabila situs tersebut down karena banyaknya lalu lintas, saya sendiri telah menyiapkan backup-nya yang dapat anda unduh melalui link alternatif dapodik 2022.

Cara instalasi dapodik 2022 sama saja dengan cara sebelum - sebelumnya atau jika anda tidak paham, anda dapat melihat langkah - langkahnya melalui video youtube saya di channel BERPUSAT. Namun perlu anda perhatikan mengenai spesifikasi laptop yang anda gunakan sebelum menginstal dapdopdik minimal memiliki spek core i3 atau yang setara dengan kapasitas RAM paling kecil sebesar 4 GB, Penyimanan hardisk/SSD sebesar 120 - 500 GB dan menggunakan sistem operasi windows 10 untuk saat ini.

Pastikan juga browser yang anda gunakan seperti chrome, firefox atau browser bawaan laptop telah dilakuan clear cache (menghapus riwayat histori) dengan cara menekan tombol CTRL + Del. Jika menemui kendala pada saat instalasi aplikasi, silahkan tuliskan komentar dibawah atau bisa juga melalui channel youtube saya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar