Skip to main content

Memperbaiki Invalid PLT/Kepala Sekolah Belum Dipiliih di Dapodik 2022

Sudah menjadi kebiasaan yang turun temurun setiap kali rilis dapodik versi terbaru pasti ada saja beberapa komponen yang tadinya valid menjadi tidak valid seperti pada kasus data PLT/Kepala Sekolah belum dipilih. Padahal jelas - jelas pada semester sebelumnya sudah diisi.

Saya yakin semua sekolah yang menggunakan aplikadi dapodik versi 2022 pasti mengalami kasus yang sama. Namun bagi ops yang sudah berpengalaman hal tersebut sangatlah mudah dalam mengatasinya. Akan tetapi bagi ops dapodik yang baru saja terjun bisa jadi akan mengalami kebingungan bahkan bisa saja sampai bertanya - tanya kesana kemari agar permasalahannya dapat terselesaikan.

Oleh sebab itu, melalui postingan ini saya mencoba menjabarkan secara detail tentang cara memperbaiki pada invalid PLT/Kepala Sekolah dengan keterangan "belum dipilih" pada dapodik 2022.

Kepala Sekolah: (Kepsek/PLT Belum Dipilih

Sebelum saya melanjutkan, saya ingin bertanya apakah pada sekolah anda ada pergantian kepala sekolah/PLT? jika ada, silahkan anda konfirmasi terlebih dahulu kepala admin dapodik dinas setempat. Apabila tidak ada pergantian, silahkan anda ikuti langkah - langkahnya seperti berikut:

  1. Buka aplikasi dapodik2022 dan login menggunakan akun operator dapodik;
  2. Pilih validasi >> validasi lokal. Validasi semua yang ada disana seperti sekolah, sarpras, peserta didik, GTK, rombongan belajar, pembelajaran, nilai dan referensi;
  3. Lakukan validasi kembali pada menu yang sama, sebelumnya reload dulu dengan menekan tombol Ctrl F5;
  4. Pilih menu Tarik Data dan tunggu prosesnya sampai dengan selesai;
  5. Setelah proses tarik data selesai, silahkan anda klik menu GTK dan klik tepat pada opsi Guru dan Tendik sehingga nama - namanya yang awalnya kosong muncul semua;
  6. Terkahir silahkan anda kembala ke halaman Beranda dan lakukan reload browser dengan menekan tombol Ctrl F5;
  7. Selamat, nama PLT/Kepala sekolah sudah dipilih.

Mungkin diantara anda sekalian ada yang bertanya, kenapa harus tarik data terlebih dahulu? sebetulnya tidak melakukan tarik data juga tidak apa - apa. Anda bisa langsung mengikuti langkah diatas mulai dari nomor 5 sampai dengan selesai sampai nama - nama guru dan tendiknya muncul semua. Proses tarik data dilakukan hanya untuk menghindari apakah ada data pergantian kepsek/PLT yang anda daftarkan melalui admin dapodik dinas setempat agar masuk keserver lokal dapodik anda.

Semoga informasi yang saya bagikan ini bisa menjadi jalan keluarnya. Jika bermanfaat, silahkan bagikan melalui media sosial anda. Terima kasih.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT