Skip to main content

Tips Sukses Sinkronisasi Dapodik 2022 [Jadwal Sinkron]

Postingan kali ini akan menjelaskan tentang waktu terbaik agar berhasil sinkronisasi pada aplikasi dapodik versi 2022. Saat ini memang melakukan sinkronisasi agar berjalan lancar sangatlah sulit, mengingat banyak lalu lintas web yang menuju ke server dapodik. Oleh sebab itu, jika sekolah anda mengalami gagal sinkron atau ketika melakukan sinkronisasi terdapat keterangan "belum terhubung" atau pun keterangan lainnya harus tetap berfikir tenang ya.

Sebelum saya lanjutkan, pada aplikasi dapodik yang terbaru ini tidak berbeda jauh dengan dapodik versi sebelumnya yang mana terdapat fitur tarik data dan istilah sinkronisasi. Lalu, apa bedanya antara fitur tarik data dengan fitur sinkronisasi?

Perbedaan Fitur Tarik Data dengan Fitur Sinkronisasi

Fitur tarik data merupakan proses pengambilan data dalam satu arah. Artinya, pada saat anda melakukan tarik data yang diambil database yang verada di-dapodik pusat saja agar dapat masuk ke localhost dapodik anda tanpa mengirim data dari localhost laptop.

Menggunakan fitur tarik data dapat dilakukan meskipun pada aplikasi dapodik anda masih terdapat data - data yang masih invalid selama laptop anda terhubung dengan dapodik. Fitur tarik data hanya ada pada akun operator dapodik.

Sedangkan fitur sinkronisasi yaitu proses pengambilan data dalam dua arah. Artinya pada saat anda melakukan sinkronisasi selain mengambil database dari server dapodik pusat, aplikasi dapodik anda juga akan melakukan kirim data perubahan yang paling baru keserver dapodik pusat secara berdampingan.

Untuk bisa melakukan sinkronisasi, pastikan semua data yang ada pada aplikasi dapodik anda harus sudah benar - benar valid data - datanya. Jika masih ada data yang invalid, anda tidak akan bisa melakukan sinkronisasi. Fitur sinkronisasi hanya ada pada akun kepala sekolah.

Jadi, secara administrasi operator sekolah hanya dapat melakukan tarik data saja. Sedang sinkronisasi hanya bisa dilakukan oleh kepala sekolah (akun kepala sekolah) meskipun fakta dilapangan yang melakukan sinkronisasi adalah operator dapodik dengan meminjam akun kepala sekolah. Betul tidak?

Setelah anda memahami kedua fitur tersebut, selanjutnya yaitu kapan waktu yang tepat agar proses tarik data maupun proses sinkronisasi dapat berjalan dengan lancar? Jawabannya adalah dengan menghindari jam - jam yang tidak sibuk seperti malam hari.

Untuk saat ini usahan jangan melakukan tarik maupun sinkron data pada jam kerja karena dapat dipastikan pada jam - jam tersebut banyak digunakan oleh operator dapodik untuk melakukan hal yang sama, yakni sama - sama melakukan tarik data maupun sinkron data dapodik bagi yang memperbaiki data invalidnya.

Tambahan: Sebelum melakukan tarik data maupun sinkronisasi dapodik versi 2022, anda harus melakukan validasi lokal terlebih dahulu. Terima kasih.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT