Skip to main content

Cara Mudah Bikin File Pdf di HP Tanpa Aplikasi

Membuat file yang berekstensi Pdf di HP bukanlah hal yang sulit, berbeda dengan zaman dahulu yang hanya bisa berandai - andai. Namun di zaman yang serba canggih seperti saat ini tentu bukanlah hal yang sulit. Kini anda bisa membuat dokumen kapan pun dan dimana pun dalam satu genggaman anda.

Jika kita mundur kebeberapa tahun yang lalu, membuat dokumen elektronik minimal harus menggunakan perangkat komputer dan program yang bernama Microsoft Office yang harganya pun cukup mahal. Kini dengan HP android digenggaman anda saja sudah bisa membuat dokumen.

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, terlebih adanya pendemi covid19 membuat sebagian besar pekerjaan dan tugas-tugas pun dialihkan dalam bentuk digital karena diberlakukannya WFH dikantor - kantor dan PJJ di sekolah - sekolah atau universitas.

Baca Juga:
Cara memisahkan halaman pdf tanpa aplikasi

File dokumen yang berekstensi Pdf adalah salah satu format yang paling sering banyak diaplikasikan dalam membuat dokumen berupa tugas-tugas maupun pekerjaan kantoran selain ekstensi xlsx dan docx.

Cara Membuat File Pdf di HP Tanpa Aplikasi

Untuk membuat file yang berekstensi pdf, syarat utama yang harus anda punya yaitu dokumen yang berbentuk word (.docx) dan excel (.xlsx), PowerPoint, foto dan dokumen - dokumen lainnya maupun sebaliknya yang nantinya akan diubah kedalam format pdf.

Setelah anda menyimpan dokumen mentahan seperti yang saya sebutkan tadi, maka untuk mengubah formatnya menjadi file pdf di HP tanpa harus instal aplikasi, yang anda lakukan cukup membuka situs smallpdf. Untuk langkah - langkahnya seperti berikut ini:

  1. buka browser di HP anda (chrome, fifefox, maupun browser bawaan HP masing - masing);
  2. kunjungi situs smallpdf.com;
  3. pada halaman utama "Smallpdf" terdapat beberapa pilihan format dokumen yang bisa anda ubah menjadi Pdf, PPT, Word, Excel, JPG, dan lain sebagainya;
  4. unggah file dengan ketuk "Choose Files" untuk mendapatkannya dimemori internal HP anda. Jika anda ingin unggah file melalui Google Drive atau Dropbox, "Smallpdf" juga bisa melakukannya;
  5. tunggu hingga prosesnya hingga selesai dan file yang berekstensu Pdf pun bisa langsung diunduh ke HP Anda.

Dengan memanfaatkan situs "Smallpdf" anda tidak perlu harus menginstal aplikasi yang hanya akan membuat memori internal anda cepat penuh (kecuali ruang memori internal anda masih luas). Namun sayangnya penggunaan "Smallpdf" tidak bisa anda gunakan secara terus menerus jika anda menggunakan versi trial. Ada jeda waktu penggunaan jika anda menggunakannya lebih dari 5 kali atau lebih (koreksi kalau salah).

Jika postingan ini bermanfaat, jangan lupa share kesosial media anda agar yang tidak tahu menjadi tahu. Terima kasih.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT