Skip to main content

Usulan Calon Penerima PIP 2021 Menurut Kemendikbudristek

Sesuai dengan surat edaran yang baru saja diterbitkan oleh Kemendikbudreistek nomor 10033/J5/DM.00.03/2021 tentang pemberitahuan kelengkapan data calon penerima PIP 2021, bahwa usulan siswa penerima PIP basis datanya bersumber dari dapodik. Oleh sebab itu, pastikan data yang dientri oleh operator sekolah harus sudah sesuai dengan data yang ada di dukcapil/valid dukcapil.

Apa saja data yang wajib dientri oleh operator dapodik agar seluruh data siswa baik penerima PIP maupun yang bukan penerima menjadi valid dan lengkap di aplikasi dapodik?

Biasanya nih ya, dan saya harap tidak semua operator dapodik melakukan hal sama seperti misalnya menginput data siswa hanya sedapatnya saja. Biasanya operator sekolah hanya melakukan input data pada nama dan nik siswa, tanggal/tempat lahir, nama ayah dan ibu tanpa memasukan nomor NIK secara lengkap.

Oleh sebab itu mulai tahun ini pastikan seluruh identitas siswa diisi secara lengkap di aplikasi dapodik agar tidak ada lagi data residu ketika dicek melalui link vervalpd [https://sso.data.kemdikbud.go.id].

Baca juga:

  1. Link cek siswa penerima PIP 2021
  2. Perbaikan data mandiri oleh orangtua siswa

Syarat Usulan Siswa Calon Penerima PIP Tahun 2021

Berikut ini syarat yang harus dilengkapi untuk usulan siswa calon penerima PIP tahun 2021 yang dientri pada aplikasi dapodik diantaranya yaitu:

Identitas Siswa:

  1. Nama lengkap;
  2. Jenis kelamin:
  3. Memiliki NISN;
  4. Memiliki NIK [Nomor Induk Kependudukan];
  5. Tempat/tanggal lahir siswa;
  6. Agama kepercayaan; dan
  7. Alamat jelas.

Identitas Ayah dan Ibu Kandung

  1. Nama lengkap;
  2. Memiliki NIK [Nomor Induk Kependudukan];
  3. Tahun lahir;
  4. Pendidikan terakhir [Contoh : SD/SMP/SMA/SMK];
  5. Pekerjaan dan penghasilan.

Apabila siswa atau peserta didik tersebut tinggal bersama wali, pastikan operator sekolah mengisinya pada kolom wali secara lengkap seperti menuliskan nama lengkap wali dan alamat lengkap wali.

"Data yang dientri harus sesuai dengan data yang ada di database dukcapil"

Prioritas Sasaran Penerima PIP diantaranya:

  1. Peserta Didik pemegang KIP;
  2. Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti
    • Peserta Didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan;
    • Peserta Didik dari keluarga pemegang KartuKeluarga Sejahtera;
    • Peserta Didik yang berstatus yatimpiatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan;
    • Peserta Didik yang terkena dampak bencana alam;
    • Peserta Didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah;
    • Peserta Didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah;
    • Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya.

Dana PIP dapat digunakan untuk membantu biaya personal pendidikan peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.

Sumber: https://pip.kemdikbud.go.id/home

Link Cek Siswa Penerima PIP Tahun 2021 Oleh Orangtua

Dibawah ini adalah langkah - langkah yang dapat dilakukan oleh para orangtua apakah putra/putri-nya terdaptar sebagai penerima bantuan PIP tahun 2021, yaitu sebagai berikut:

  1. Kunjungi link https://pip.kemdikbud.go.id/home
  2. Masukan nomor NISN;
  3. Masukan tanggal lahir siswa; dan
  4. Masukan nama ibu kandung.

Apabila nama putra/putri anda tidak terdaftar namun layak untuk mendapatkan PIP, silahkan koordinasi dengan pihak sekolah agar namanya diusulkan. Pastikan anda melampirkan dokumen seperti fotocopy kartu keluarga dan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari RT/RW dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran.

Selain itu, apabila putra/putri anda sudah memiliki kartu KIP, silahkan koordinasikan juga ke sekolah agar namanya diusulkan melalui aplikasi dapodik dengan melampirkan fotocopy Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk memastikan seluruh data-datanya valid dukcapil.

Besaran Dana PIP tiap Jenjang Sekolah

Bersumber dari https://indonesiapintar.kemdikbud.go.id pada tanggal 15 Agustus 2021, tiap siswa akan mendapatkan:

  1. SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun;
  2. SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun;
  3. SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun.

Lebih jauh tentang detail jumlah untuk kelas akhir di setiap jenjang, anda dapat membaca Petunjuk pelaksanaan PIP Kemendikbud Tahun 2016.

Apakah ada lembaga yang mengawasi pelaksanaan PIP? tentu saja ada, Selain pengawasan internal sekolah/lembaga pendidikan, pengawasan eksternal dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayan, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Masyarakat juga dapat membantu pengawasan PIP dengan melaporkan apabila terjadi penyimpangan melalui kontak pengaduan dinomor sms 0857-7529-5050, 0811-976-929 dengan format Propinsi#Kabupaten/Kota#NomorKIP#NamaPenerima#IsiPesan atau bisa juga melalui telepon dinomor (021) 5703303, 57903020 serta email pengaduan@kemdikbud.go.id.

Demikian informasi yang dapat saya bagikan tentang "Usulan Calon Penerima PIP 2021 Menurut Kemendikbudristek". Semoga bermanfaat.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT