Skip to main content

Cara Mendapatkan dan Aktivasi Akun Pembelajaran Guru - Peserta Didik

Melalui postingan ini saya ingin berbagi informasi bagi anda yang belum tahu kalau saat ini kemendikbud melalui pusdatin sudah meluncurkan akun pembelajaran yang memiliki domain akhir belajar.id, contohnya seperti berpusat@admin.sd.belajar.id sebagai admin dan berpusat@guru.sd.belajar.id sebagai guru.

Nah bagi anda yang belum tahu atau pun yang sudah tahu akan tetapi cara mendapatkan akun pembelajaran, sebaiknya simak terus postingan ini sampai habis. Keberadaan akun pembelajaran ini bertujuan untuk memudahkan PTK dan peserta didik ketika mengakses layanan pembelajaran.

Jadi, bukan hanya guru saja yang akan mendapatkan akun pembelajaran secara gratis melainkan kepala sekolah dan tenaga kependidikan (TU dan operator dapodik) serta peserta didik pun nantinya akan dibuatkan akun pembelajar melalui kepala sekolah/operator selaku adminnya.

Selain bertujuan untuk memudahkan PTK dan peserta didik ketika mengakses layanan pembelajaran, tujuan utama pembuatan akun pembelajaran yaitu:

  1. Mendukung kegiatan belajar dari rumah; dan
  2. Penerapatn teknologi informasi dan komunikasi.

Cara Mendapatkan Akun Pembelajaran

Untuk memperoleh akun pembelajaran, para guru maupun peserta didik dapat memintanya kepada kepala sekolah atau operator dapodik sekolah masing - masing agar bisa diaktivasi. Apabila kepala sekolah maupun operator dapodik tidak tahu caranya, silahkan ikuti petunjuk dibawah ini:

  1. Kunjungi http://pd.data.kemdikbud.go.id
  2. Login dengan menggunakan akun operator dapodik dengan menggunakan email dan password yang pernah didaftarkan di https://sdm.data.kemdikbud.go.id
  3. Setelah berhasil masuk kehalaman utama pd.data.kemdikbud.go.id, silahkan anda arahkan kursor laptop anda ke menu Unduh Akun;
  4. Download semua akun pembelajaran yang ada di menu "Unduh Akun" tersebut seperti peserta didik, PTK dan admin;

Selanjutnya operator dapodik membagikan hasil unduhan tersebut per masing - masing akun guru dan peserta didik. Kemudian masing - masing guru dan peserta didik mengaktifkan akunnya masing -masing dengan membuka url mail.google.com. Masuk dengan menggunakan email dan password yang telah diberikan oleh operator dapodik.

Setelah berhasil login, anda diwajibkan untuk menyetujui persyaratan dan ketentuan pengguna dan setelah itu lakukan perubahan password yang mudah diingat (pastikan passwordnya menimal memiliki 8 karakter dan mengandung huruf besar dan kecil serta berisi angka).

Apabila dikemudian hari terkendala karena lupa password, silahkan hubungi kembali operator dapodik agar mereset password anda. Untuk langah - langkahnya dapat mengunjungi link tautan berikut tentang cara mereset akun pembelajaran yang passwordnya masih kosong.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT