Skip to main content

Jangan Khawatir Jika Nama Guru dan Tendik Hilang Versi Dapodik 2022

Bagi para rekan operator tidak perlu khawatir apabila terdapat data GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) yang tiba-tibang hilang atau tidak muncul pada saat anda berhasil menginstal dapodik 2022. Yang terjadi sebetulnya bukan hilang, akan tetapi anda harus melakukan triknya terlebih dahulu supaya nama - nama GTK tersebut muncul kembali.

Saya rasa semua operator dapodik akan mengalami hal sama, akan tetapi sebelumnya mereka sudah mengetahui triknya agar nama - namanya GTK-nya bisa muncul kembali.

Untuk mengatasi hilangnya nama - nama guru maupun tenaga pendidik pada menu GTK di dapodik 2022, simak terus postingan ini supaya anda tahu dan tidak perlu khawatir lagi.

Cara Menampilkan Nama Guru dan Tendik di Dapodik 2022

Setiap mengistal apikasi dapodik disemester awal, banyak sekali kasus invalid data sehingga berdampak pada sulitnya melakukan sinkronisasi data. Kasus invalid daya yang sering muncul pada awal menginstal dapodik 2022 yaitu invalid data sarpras, data kepala sekolah/PLT, invalid peserta didik dan juga rombongan belajar. Untuk kasus yang saya sebutkan tadi, solusinya sudah saya buatkan pada postingan - postingan terdahulu yang dapat anda cari diblog berpusat.

Sedangkan untuk kasus hilangnya nama - nama guru maupun tendik, agar bisa muncul kembali ternyata triknya sangatlah mudah. Mari simak cara mengatasinya seperti berikut ini:

  1. Buka dapodik 2022 anda;
  2. login dengan akun operator dapodik;
  3. Pada menu "GTK", silahkan anda klik dan pilih sub menu "Guru";
  4. Klik tombol "Salin Penugasan" yang terletak dibawah tampilan data guru sampai muncul notifikasi "Tombol ini berfungsi untuk menyalin semua Data Penugasan PTK dari TA 2020/2021. Apakah anda yakin?";
  5. Pilih "Ya";
  6. Maka nama - nama guru yang hilang tadi akan muncul kembali;

Sama halnya seperti cara menampilakan nama - nama guru yang hilang di dapodik 2022, cara menampilkan kembali nama tendik yang hilang pun, caranya sama. Hanya saja jika tadi anda mengklik sub menu guru, silahkan anda pilih kembali pada sub menu "Tendik". Kemudian lakukan langkah - langkah diatas mulai dari urutan nomor 4 sampai dengan nomor 6.

Bagaimana, apakah sudah berhasil? Seharusnya sudah berhasil, apabila tidak berhasil kemungkinan ada keliru ketika mengikuti langkah - langkah yang telah saya jelaskan tadi.

Sebaiknya anda perhatikan langkah - demi langkahnya dan jangan terlalu buru - buru memahaminya. Baca kembali dan pahami alurnya secara benar.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT