Skip to main content

Dapodik Terdeteksi Menggunakan Prefill Lama? Padahal Sudah Clear Cache! Ini Triknya

Baru saja terjadi tidak bisa sinkronisasi dapodik versi 2022.a karena muncul keterangan Anda terdeteksi menggunakan prefill lama!! Silahkan Generate prefill ulang ... Agar anda tidak mau menghapus aplikasi maupun melakukan registrasi kembali, sebetulnya caranya sangat mudah. Semuanya sudah tersedia diaplikasi dapodik.

Harap dicatat bahwa panduan yang saya bagikan ini memiliki resiko apabila anda telah melakukan perbaikan data yang belum sempat disinkronkan. Intinya hampir sama dengan registrasi ulang, namun tidak perlu meghapus aplikasi maupun melakukan registrasi ulang kembali.

Artinya jika anda pernah melakukan sinkronisasi sebelumnya dan apabila anda telah melakukan perbaikan dan belum sempat disinkronisasi kembali, dikhawatirkan hasil perbaikan tersebut akan hilang (khusus hanya pada bagian perbaikan data peserta didik saja untuk yang lainnya tidak).

Jika anda pernah sinkronisasi dapodik dan tidak melakukan perbaikan data siswa, saya sangat menyarankan menggukanan trik ini daripada anda harus menghapus aplikasi dapodik, kemudian melakukan instal kembali dan registrasi ulang. Untuk triknya yaitu dengan memanfaat fitur Tarik Data.

Silahkan anda buka aplikasi dapodik, kemudian masuk dengan menggunakan akun operator sekolah (ops dapodik). Lakukan validasi lokal dan setelah selesai validasi lokal, klik tepat pada fitur Tarik Data. Tunggu prosesnya sampai dengan selesai.

Setelah proses tarik data selesai, silahkan anda masuk dengan menggunakan akuk kepala sekolah atau bisa juga melalui fitur tukar pengguna. Lakukan validasi lokal dan setelah selesai validasi segera lakukan sinkronisasi aplikasi.

Itulah trik yang dapat saya bagikan tentang aplikasi dapodik yang terdeteksi menggunakan prefill lama sehingga tidak bisa sinkronisasi meskipun sudah melakuakn clear cache browser. Semoga bermanfaat dan penjelasan yang saya bagikan ini mudah dipahami.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT