Skip to main content

Trik Menghindari Data Siswa Baru Berganda Apakah Berasal Dari Dapodik Non Dapodik

Mungkin diantara anda sekalian sedang kebingungan dalam hal mencari tahu bagaimana cara mengetahui siswa baru yang akan diinputkan diaplikassi dapodik, apakah berasal dari TK atau non TK yang mana sekolah asal tersebut sekolahnya terdaftar di dapodik atau belum selain dilihat dari ijazah.

Trik yang saya bagikan disini membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Namun setidaknya dapat meminimalis data siswa baru berganda. Untuk mengetahu trik apakah siswa baru barasal dari TK atau bukan, silahkan anda buka link sp.datadik.kemdikbud.go.id dan login dengan akun operator sekolah.

Pada halaman utama sp.datadik.kemdikbud.go.id silahkan anda pilih menu "Aplikasi". Kemudian pilih kembali pada opsi "PD BARU". Pada menu "Peserta Didik" tersebut, silahkan anda pilih opsi "Non Dapodik". Selanjutnya silahkan anda input data siswa baru seperti nama lengkap, jenis kelamin, NIK siswa, NISN (kosongkan), tempat/tanggal lahir, nama ibu kandung, agama, alamat lengkap dan rombongan belajar (boleh dikosongkan).

Kolom "NISN" kosongkan dan pengisian alamat boleh sembarang. Untuk kolom "Rombongan Belajar" boleh dikosongkan juga. Selanjutnya pilih tombol "Simpan".

Apabila siswa yang anda inputkan tersebut berasal dari TK atau PAUD yang terdaftar di dapodik, maka akan muncul pop-up pemberitahuan terfadtar di sekolah ....... dengan nomor NPSN ..... . Silahkan anda cari sekolah tersebut digoogle dengan memsukan kata kunci nomor NPSN yang muncul di pop-up tadi.

Apabila nama siswa yang anda inputkan tersebut bukan berasal dari TK atau PAUD, maka data yang anda inputkan tadi akan masuk kedalam daftar antrian yang nantinya wajib verifikasi admin dinas kabupaten/kota. Silahkan anda klik tombol "Antrian" dan hapus nama siswa yang ada didaftar tersebut. Selanjutnya input manual melalui aplikasi dapodik sekolah anda. Dengan cara ini anda tidak perlu laporan ke admin dinas kabupaten/kota hanya agar siswa anda masuk dapodik.

Apakah penjelasan saya mudah dipahami? Jika masih bingung, tunggu video tutorialnya di channel BERPUSAT yang sebentar lagi tayang hanya untuk anda.

CATATAN :
Pada tahun ajaran 2021/2022 ini, sp.datadik.kemdikbud.go.id pada menu tambah peserta didik baru non dapodik tersedia fitur "ANTRIAN" sehingga anda dengan leluasa bisa menghapus daftar antrian siswa yang telah anda inputkan agar tidak diverifikasi.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT