Skip to main content

PD Dapodik Belum Berubah! Padahal di Vervalpd Sudah Diperbaiki

Mungkin sebagian operator sekolah masih ada yang bingung tentang nama peserta didik yang tidak berubah padahal divervalpd sudah dilakukan perbaikan dan sudah valid dukcapil pula. Untuk mengatasi kasus tersebut sangatlah mudah.

Masih ingat dengan sp.datadik.kemdikbud.go.id? Agar nama peserta didik (PD) masuk ke localhost dapodik sekolah anda, silahkan anda login ke sp datadik. Cek nama pd yang telah anda perbaiki di vervalpd tersebut pada menu siswa.

Pilih peserta didik aktif, cek pd apakah namanya sudah sesuai dengan yang ada di vervalpd. Jika telah sesuai, buka aplikasi dapodik anda dan login melalui aku opetaror. Pilih fitur tarik data. Setelah proses tarik data tersebut selesai, sekarang cek kembali nama pd di aplikasi dapodik. Pasti namanya sudah berubah sesuai dengan nama yang ada di vervalpd.

Di Vervalpd NISN Sudah Ada, Tapi di Dapodik Tidak Ada

Sama seperti kasus pertama diatas, apabila nisn sudah terbit divervalpd namun didapodik belum ada meski sudah melakukan sinkronisasi. Lihat kembali di sp.datadik.kemdikbud.go.id, pastikan nisnnya suda ada. Apabila di sp datadik sudah ada, gunakan fitur tarik data yang ada di aplikasi dapodik.

Kesimpulannya yaitu apabila anda sudah melakukan sinkron data berkali - kali namun tidak ada perubahan data yang masuk ke localhost dapodik, cobalah gunakan fitur tarik data. Jangan ragu untuk bereksperiman.

NISN Tak Kunjung Terbit di Vervalpd

Saat ini banyak keluhan mengenai kasus nisn peserta didik yang tak kunjung terbit di vervalpd. Sebelum anda mengeluh coba cek terlebih dahulu nomor NIK pd tersebut apakah sudah valid dukcapil atau belum?

Cara cepat untuk mengetahui NIK pd valid dukcapil atau tidaknya lagi dan lagi triknya sangatlah mudah, yaitu dengan melakukan pancingan. Hal ini juga berguna agar nisn cepat terbit dalam waktu 1 x 24 jam.

Silahkan anda buka https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id, kemudian menu pengelolaan pilih fitur edit identitas. Cari nama peserta didik yang nisnnya belum muncul. Lakukan pancingan dengan mengganti huruf dari nama ibu kandung, misalnya nama ibu kandung menggunakan huruf kecil "Nining Septiningsih" diubah kehuruf kapital menjadi "NINING SEPTININGSIH". Klik validasi data.

Apabila muncul keterangan "NB: Data sudah sesuai dengan Dukcapil, silahkan lakukan pengajuan UPDATE DATA dibawah ini", tekan tombol UPDATE DATA. Apabila data tidak cocok dengan dukcapil, cek kembali sesuai dengan KK peserta didik tersebut.

Setelah melakukan pancingan, tunggu prosesnya 1 x 24 jam. Trik tersebut sudah saya gunakan dan berhasil dengan sempurna juga. Seluruh peserta didik akhirnya memiliki nisn meskipun divervalpd status NIK-nya masih silang merah.

Selamat mencoba dan semoga berhasil! Apabila ada pertanyaan, silahkan tulis dikolom komentar. Jika saya tidak sedang sibuk Insya Allah saya balas satu persatu dan bisa saya bantu dengan cara remote jarak jauh menggunakan aplikasi TeamViewer.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT