Skip to main content

Pahami Kembali Tahapan Sebelum dan Sesudah Instal Patch Dapodik 2022A

Hari ini (11 Agustus 2021) rilis pembaharuan aplikasi dapodik dapodik 2022A. Ingat ya, ini versi patch dan bukan installer. Untuk itu bagi anda yang sama sekali belum menginstal dapodik dapodik 2022, jangan langsung menggunakan versi patch 2022A.Pastikan ada telah memahami tahapannya sebelum mulai melakukan istalasi aplikasi dapodik.

Pada kesempatan kali ini kembali lagi saya tekankan, khususnya yang sudah menginstal dapodik 2022. Apabila ingin menggunakan versi patch 2022A, langsung saja diinstal aplikasinya dengan cara menimpa aplikasi dapodik versi 2022. Anda tidak perlu menghapus aplikasi sebelumnya apabila ingin menggunakan versi patch tersebut.

Selanjutnya bagi yang sudah melakukan sinkronisasi data dan tidak melakukan perbaikan data kembali, setelah versi patch 2022A terpasang, silahkan anda gunakan fitur tarik data untuk pembaruan referensi aplikasi. Namun apabila anda pernah melakukan perbaiakn data entah itu sarpras, peserta didik, GTK maupun romongan belajar dan tidak sempat sinkronisasi data, saya sarankan jangan menggunakan fitur tarik data karena hasil perbaikan data yang telah anda lakukan akan sia-sia.

Sebaiknya langsung saja login menggunakan akun kepala sekolah dan segera gunakan fitur Sinkronisasi agar perbaikan data yang anda buat terkirim dengan catatan sudah tidak ada lagi data yang invalid.

Bagaimana jika masih terdapat data invalid, apakah boleh menggunakan firut tarik data? Jawabannya boleh saja jika sebelumnya ada belum pernah melakukan perbaikan. Apabila anda pernah melakukan perbaikan data namun tidak sempat disinkronisasi karena masih ada sebagian data yang invalid, sebaiknya jangan digunakan dulu fitur tersebut sampai anda berhasil melakukan sinkronisasi.

Perbaiki saja terlebih dahulu data - data yang masih invalid, apabila sudah selesai dan seluruh datanya menjadi valid, segera lakukan sinkronisasi. Setelah anda berhasil melakukan sinkronisasi, silahkan login menggunakan akun operator dan gunakan sekarang barulah gunakan fitur tarik data.

Saya membuat postingan ini supaya anda tidak bernasib sama seperti saya. Sudah capet - capek input data siswa seperti input NIK Kartu Keluarga, akta lahir dan lain sebagainya akhirnya nihil alias data yang telah saya perbaiki tersebut tidak mengalami perubahan. Ya memang tidak begitu banyak, hanya 50 siswa yang saya perbaiki kembali dari awal lagi.

Terkait dengan cara instal aplikasi dan mendapatkan versi patch dapodik 2022A, anda dapat menonton video tutorial yang telah saya buat sebagai berikut.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT