Skip to main content

Penyebab Gagal Login PTK Datadik dan Solusinya

Terkait dengan adanya informasi tentang kewajiban untuk melakukan perubahan password akun Operator dapodik maupun akun PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) atau apapun itu istilahnya, adanya juga yang menyebutnya dengan penyebutan GTK.

Sebetulnya jika password dari akun operator dapodik maupun akun PTK sudah memenuhi 5 kriteria seperti memiliki minimal paling sedikit 8 karakter, mengandung huru besar dan kecil, menggunakan angka dan juga simbol ya tidak perlu dirubah. Atau bisa juga ketika pertama kali melakukan instalasi dapodik versi 2022 tidak tampil perintah untuk melakukan perubahan password ya diabaikan saja. Tidak perlu diambil pusing selama anda sebagai OPS maupun guru tetap bisa login kedalam aplikasi dapodik.

Apabila setelah anda berhasil pada dapodik dan tidak lama kemudian tampil pemberitahun perubahan password akun PTK, jika memang password sebelumnya memenuhi kriteria seperti yang saya sebutkan tadi. Silahkan anda masukan kembali password yang sama tersebut. Namun jika anda ingin menggantinya supaya lebih mudah diingat, pastikan perubahan password tersebut harus sesuai dengan kriteria.

Penyebab akun PTK tidak bisa login setelah menggunakan password yang baru selain login dari aplikasi dapodik, melainkan dari PTK Datadik pada url https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id itu karena dapodik anda sebelumnya belum disinkron-kan. Untuk bisa login ke PTK Datadik tetap harus menggunakan password yang lama terlebih dahulu.

Setelah aplikasi dapodik telah disinkron dan tunggu proses propagansinya 1 x 24 Jam, maka ada dapat login di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id dengan menggunakan password yang terbaru (baik akun ops maupun PTK sayaratnya tetap sama, yaitu harus melakukan sinkronisasi terlebih dahulu).

Ada lagi kasus seperti yang saya alami sampai saat ini (login menggunakan akun operator dapodik) yaitu pada saat tampil perintah untuk pergantian password secara otomatis saya mengikuti intuksi tersebut dan tidak lama kemudian melakukan logout sesuai dengan intruksi pada layar monitor. Kemudian login kembali menggunakan password yang baru dan akhirnya berhasil login.

Namun setelah laptop dimatikan, ketikan membuka aplikasi dapodik dan login seperti biasa dengan menggunakan password yang baru malah tidak bisa. Lalu saya coba login menggunakan password lama dan berhasil. Aneh bukan?

Jadi, solusi ketika anda gagal login kedalam aplikasi dapodik maupun login dari https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id dan https://sp.datadik.kemdikbud.go.id dengan menggunakan password yang baru, sebaiknya gunakan password yang lama terlebih dahulu. Simpan dan catat password lama dan password dapodik anda agar tidak lupa dikemudian hari jika diperlukan.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT