Skip to main content

Tidak Bisa Login Sso ptk.datadik.kemdikbud.go.id? Gampang Banget Triknya

Dari tahun 2012 sampai sekarang selalu saja banyak kasus yang sering banget dikeluhkan oleh para operator sekolah khsusunya ops dapodik. Mulai dari tidak bisa login karena aplikasi dianggap ilegal karena aplikasi dimodifikasi secara ilegal, error database 2100, akun pengguna tidak aktif, dan saat ini muncul lagi kasus ptk tidak bisak login di ptk.datadik.kemdikbud.go.id padahal sudah sinkronisasi dapodik.

Jika anda mengalami kasus ptk tidak bisa login ptk.datadik.kemdikbud.go.id meskipun sudah menggunakan password lama maupun password baru dan aplikasi dapodik sudah disinkron berkali - kali, tetapi tetap saja ptk yang ingin memperbaharui riwayat pendidikan website PTK Datadik tetap saja nihil alias gagal login dengan keterangan "Gagal melakukan proses autentikasi, username dan password yang anda masukan tidak cocok".

Ada beberapa faktor penyebab akun ptk dapodik tidak bisa login ke website PTK Datadik, penyebabnya bisa anda baca pada postingan saya yang berjudul "penyebab gagal login PTK". Singkatnya bisa karena dapodik belum disinkron sehingga belum masuk database dan bisa juga karena proses propagansi perubahan password.

Baca juga:

  1. Alternatif edit data siswa selain vervalpd
  2. Jumlah maksimal peserta didik di dapodik 2022.a
  3. Cara membatalkan siswa yang lulus otomatis
  4. Invalid PLT/Kepala sekolah
  5. Akun PTK Ganda saat mau verifikasi
  6. Mekanisme tambah PTK Baru

Namun kenyataan baik baik password baru maupun lama tetap saja tidak bisa login. Oleh sebab itu ada satu lagi trik yang telah saya coba dan berhasil untuk saat ini. Saya tidak berjanji dimasa mendatang trik yang saya bagikan ini akan berhasil, namun untuk saat ini tentu saja berhasil karena saya sudah mencobanya. Penasaran dengan triknya?

Cara Mengatasi Akun PTK Guru dan Tendik tidak Bisa Login di ptk.datadik.kemdikbud.go.id

Agar dapodik anda bisa disinkronkan, namun saat ini hanya bisa melakukan tarik data karena masih adanya data invalid pada riwayat pendidikan, triknya yaitu login ke manajemen sekolah dengan menggunakan akun ops dapodik.

Tahu kan dimana letaknya manajemen sekolah? kalo masih ga tau juga kebangetan. Itu loh yang ada di website resminya dapo.kemdikbud.go.id sekarang sudah tahu kan?

Setelah anda membuka websiter resmi dapo.kemdikbud.go.id, silahkan anda login menggunakan akun ops dapodik dan pilih opsi Manajemen Sekolah. Ingat ya, pilih manajemen sekolah. Jangan pilih manajemen dinas maupaun individual GTK. Atau jika tidak mau ribet, langsung saja buka link tautan "https://sp.datadik.kemdikbud.go.id" tanpa tanda petik.

Lanjut setelah itu:

  1. Masukan username dan password ops dapodik;
  2. Pilih Akun. Kemudian pada daftar akun tersebut pilih jenis akunnya adalah PTK;
  3. Klik tombol Tampilkan;
  4. Cari nama PTK yang ingin anda ubah passwordnya. Klik tepat pada ikon pensil;
  5. Buat password baru dan akhir dengan menekan tombol Update.

Setelah anda (ops dapodik) berhasil membuat password baru, silahkan login di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ atau di https://sso.datadik.kemdikbud.go.id/ lalu masuk dengan menggunakan akun email PTK yang telah anda buatkan password terbarunya.

Setelah berhasil masuk, pilih menu PENDIDIKAN. Silahkan anda klik tambah riwayat, lalu isi riwayat pendidikan PTK yang mengalami invalid di dapodik. Terkahir jangan lupa simpan dan buka aplikasi dapodik anda, kemudian lakukan tarik data. Lakukan validasi untuk memastikan data invalid pada riwayat pendidikan sudah hilang atau masih ada.

Lakukan tarik data lebih dari satu kali agar proses penarikannya sempurna. Jika sudah tidak ada data yang invalid, segera lakukan sinkronisasi karena batas waktu cut off BOS sampai 31 Agustus 2021.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT