Skip to main content

Cara Memperoleh Kartu Login Survei Lingkungan Belajar Kepsek dan Guru

Nah ini salah satu informasi penting bagi para operator proktor ANBK/AKM pada satuan pendidikan dasar dan menengah SD, SMP, dan SMK yang mana informasi yang saya bagikan ini diperoleh melalui surat pemberitahuan Kemendikbudristek nomor 1424/H4/PG.00.02/2021 tengan pengisian instrumen Survei Lingkungan Belajar.

Bahwa dalam rangka pelaksanaan Asesmen Nasional [AN], seluruh kepala satuan pendidikan dan pendidik [guru] diwajibkan mengisi instrumen Survei Lingkungan Belajar. Tujuan dari pengisian instrumen tersebut untuk memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga diharapkan hasil AN memberikan informasi komprehensif mengenai input dan proses pembelajaran.

Pengisian Survei Lingkungan Belajar untuk kepala satuan pendidikan dan pendidik [guru] dilaksanakan sesuai jadwal pada masing-masing jenjang yang sudah ditetapkan melalui POS pelaksanaan AN. Jadi, untuk saat ini yang harus dilakukan adalah mencetak Kartu Login Survei Lingkungan Belajar.

Untuk memperoleh kartu login survei lingkungan belajar, silakan anda buka link https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/. Pilih login SSO, kemudian masukan alamat email dan password operator pendataan dapodik yang terdaftar di sdm.data.kemdikbud.go.id yaitu email dan password yang biasa digunakan untuk mengakses vervalpd maupun vervalptk.

Setelah berhasil login, silakan anda klik tombol Cetak Kartu SLB atau bisa juga melalui Cetak Individu sama saja. Setelah kartu login dicetak, selanjutnya buka link https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/ untuk memulai pengisian instrumen survey. Masukan nomor NPSN, Token, NIK, tanggl/bulan/tahun lahir pada kolom yang tertera dan akhiri dengan mengklik tombol Login.

Harap diperhatikan! Waktu pengisian akan aktif sesuai jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional di setiap jenjang pendidikan. Artinya meskipun sudah mencetak kartu login, anda tidak bisa login sembarangan sampai dimulainya pelaksanaan Asesmen Nasional disekolah anda. Silakan catat dan simpan kartu tersebut sampai nanti pada pelaksanaan AN baru akses login untuk mengisi instrumen survei lingkungan belajar dibuka.

Apabila pada hari H anda tidak bisa login, silakan hubungi proktor/operator disekolah anda dan apabila terdapat kendala selama proses pengisian dapat disampaikan ke tim helpdesk Asesmen Nasional melalui proktor/operator. Jika Anda bertugas di lebih dari satu satuan pendidikan, pastikan Anda mengisi survei lingkungan belajar untuk setiap tempat penugasan.

Siapa yang melaksanakan dan Kapan pelaksanaan untuk pengisian survei lingkungan belajar?

Ditujukan untuk Kepala sekolah dan guru, ASN maupun Non ASN, induk maupun non induk. sedangkankan waktu pelaksanaany yaitu:

  1. SMK, MAK, Paket C, dan yang sederajat : Senin – Kamis, 20 – 23 September 2021;
  2. SMA, MA, dan yang sederajat : Senin – Kamis, 27 – 30 September 2021;
  3. SMP, MTs, Paket B, dan yang sederajat : Senin – Kamis, 4 – 7 Oktober 2021;
  4. SD, MI, Paket A, dan yang sederajat Gelombang I : Senin – Kamis, 8 – 11 November 2021;
  5. SD, MI, Paket A, dan yang sederajat Gelombang II : Senin – Kamis, 15 – 18 November 2021.

Pengisian instrumen survei lingkungan belajar dalam jangka waktu 4 hari sesuai dengan jadwal AN satuan pendidikan masing-masing. Mengisi survei lingkungan belajar dengan menggunakan perangkat komputer, laptop, atau gawai di satuan pendidikan atau di tempat masing-masing sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan pengisian instrumen survei dilakukan secara mandiri tanpa bertanya atau bekerja sama dengan peserta lain.

TAMBAHAN:

Setiap respon yang diberikan diharapkan dapat mencerminkan kondisi satuan pendidikan sesungguhnya dan menjadi informasi reflektif. Oleh karena itu, kejujuran, keaktifan, serta kelengkapan dalam pengisian survei lingkungan belajar menjadi kunci kualitas informasi yang akan diterima oleh satuan pendidikan.

Sumber: Kemendikbudristek.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:

Newest Post

PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT