Skip to main content

Petunjuk Pengisian Saldo Awal LO Simda Keuangan

Nah ini mungkin saja postingan ini dapat membantu anda dalam pembuatan laporan tentang bagaimana caranya mengisi saldo awal LO di simda keuangan. Jujur saja awalnya saya sendiri sempat bingung dalam pengisiannya. Namun setelah adanya arahan dari rekan ops BOS, akhirnya pelaporan tersebut berhasil diselesaikan dengan lancar.

Bagi anda yang belum begitu familiar dengan saldo awal lo, semoga postingan ini dapat membantu anda dalam pengisiannya. Sebelum anda mengisi saldo awal LO 2021, berikut adalah cara mencari kode rekening yang akan di entry menjadi saldo awal LO 2021:

1. Cara Mencari Kode Rekening yang Akan Dientry Menjadi Saldo Awal LO TA 2021

  1. buka simda 2020;
  2. klik laporan;
  3. pilih SKPD;
  4. pilih pembukuan akrual;
  5. pada bagian pilihan laporan, pilih neraca;
  6. tentukan tanggal menjadi 31/12/2020 pada isian yang tersedia di aplikasi, lalu isi pada masing - masing dikolom urusan : 1, bidang : 1, unit : 1, sub unit : masukan kode sekolah anda;
  7. pilih jenis laporan 7 (NERACA LAJUR);
  8. klik preview.

Tunggu proses preview tersebut sampai dengan selesai (proses cukup lama), selanjutnya simpan file di menu export report (kiri atas), format MS Excel 97-2000 Data Only. Buka file yg tadi anda simpan, kemudian di kolom A cari kode rekening dengan awalan angka 9 (rekening beban), tandai rekening tersebut, lalu blok semua rekening beban yang ada di kolom G (Blok dari atas ke bawah). Pastikan jumlah angka yang di blok harus sama seperti angka laporan operasional TA 2020 milik sekolah.

2. Cara Mencari Angka LO TA 2020

Sedangkan untuk mencari mencari angka LO Tahun Anggaran 2020, yaitu:

  1. buka simda 2020, login dengan menggunakan username dan password simda sekolah anda;
  2. pilih tahun anggaran menjadi 2020, kemudian klik login;
  3. klik laporan;
  4. pilih SKPD;
  5. pilih pembukuan akrual;
  6. pada bagian pilihan laporan, pilih laporan oerasional;
  7. tentukan tanggal menjadi 31/12/2020 pada isian yang tersedia di aplikasi, lalu isi pada masing - masing dikolom urusan : 1, bidang : 1, unit : 1, sub unit : masukan kode sekolah anda;
  8. pada jenis laporan, silahkan anda pilih nomr 1 atau 2 sama saja;
  9. klik preview.

Angka LO Tahun Anggaran 2020 milik sekolah ada di posisi yang diberi tanda panah seperti pada gambar dibawah ini (Contoh milik Dinas Pendidikan). Perhatikan pada angka 9 (Beban).

Jika tahapan diatas sudah anda pahami, selanjutnya yaitu pengisian saldo Awal LO Tahun Anggaran 2021. Berikut langkah - langkahnya:

  1. buka simda 2021, masukan username dan password simda sekolah anda;
  2. pada kolom tahun anggaran, ganti menjadi 2020;
  3. klik data entry;
  4. pilih SKPD;
  5. pilih AKRUAL --> LO;
  6. klik tambah;
  7. pada kolom anggaran dikosongkan saja;
  8. pada pilihan debet/kredit, silahkan anda pilih Debet;

Pada isian debet tersebut, kode rekening dan angka yang akan dientry lihat pada langkah nomor 1 diatas yang filenya sudah anda download diawal. Semua angka ada di bagian debet dan angka harus sesuai dengan laporan operasional 2020.

Harap dicacat, kode rekening simda 2020 dengan simda 2021 terdapat perbedaan. Untuk mengetahui kode rekening lama dan kode rekening baru bisa anda lihat pada link konversi kode rekening simda.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT