Skip to main content

Tambah Program Kurikulum Merdeka Dapodik 2023

Terhitung 21 Juli 2022 aplikasi Dapodik Versi 2023 sudah bisa anda unduh melalui laman resmi dapo.kemdikbud.go.id. Namun sehubungan adanya beberapa laporan terkait adanya bugs pada Aplikasi Dapodik versi 2023 yang dapat mengganggu kelancaran sekolah dalam melakukan pemutakhiran data semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023, setelah anda menginstal dapodik 2023 diwajibkan untuk segera melakukan update pacth dapodik 2023a.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang mana perbaikan dapodik berupa patch ini sebelumnya diunduh terlebih dahulu, saat ini anda dapat melakukan pembaharuan melalui aplikasi dapodik 2023 secara langsung pada menu pengaturan. Berikut langkah - langkahnya:

  1. Pastikan laptop sudah terpasang aplikasi Dapodik versi 2023;
  2. Pilih menu pengaturan pada aplikasi dapodik sekolah anda;
  3. Pilih tombol cek pembaruan;
  4. Tunggu beberapa menit sampai semua proses pembaruan menandakan status “Berhasil”;
  5. Refresh browser (ctrl+F5);
  6. Login aplikasi dapodik;
  7. Pastikan tampilan aplikasi sudah menggunakan versi 2023.a;
  8. Lakukan proses tarik data;
  9. Done;

Cara Merubah Kurikulum Merdeka pada Aplikasi Dapodik Versi 2023.a

Tahukan anda? ciri utama satuan pendidikan pelaksana Kurikulum Merdeka dapat dilihat pada dashboard aplikasi Dapodik 2023.a, tepatnya pada rincian identitas satuan pendidikan. Jika pada “Implementasi Kurikulum” tertera “Merdeka” berarti satuan pendidikan tersebut telah resmi melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Pada aplikasi Dapodik Versi 2023.a mengakomodir program Implementasi Kurikulum Merdeka. Rombongan belajar Kurikulum Merdeka berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Jadi pastikan pada menu beranda, implementasi kurikulum sekolah sudah tertera menjadi “Merdeka”. Tetapi jika pada dashboard belum muncul IKM-nya, maka Operator sekolah dapat melakukan langkah - langkah sebagai berikut :

  1. buka aplikasi dapodik 2023.a;
  2. pilih menu Sekolah;
  3. pada sub-menu data rinci sekolah, klik tabulasi Program Pengajaran Dilayani;
  4. Klik tombol Tambah, tambahkan program “[Merdeka] Umum”;
  5. selanjutnya masuk ke-menu rombongan belajar [tambah rombongan belajar yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka];
  6. Note: Bagi rombongan belajar yang mengalami perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 ke kurikulum Merdeka, harap membuat rombongan belajar baru;
  7. Pada tabulasi pembelajaran kurikulum merdeka, terdapat mata pelajaran Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pada matpel ini diisi oleh PTK yang mendapatkan tugas tambahan Koordinator P5.

Itulah cara melakukan tambah program kurikulum merdeka pada aplikasi dapodik 2023.a yang dapat anda ikuti langkah - langkahnya jika sekolah anda sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:

Newest Post

PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT